3 Aplikasi Untuk Mengawasi Gadget Anak Anda

Rahsetia Islami/ March 26, 2018/ Teknologi

gadget

Gadget anak memang menjadi salah satu pusat perhatian dan pengawasan orang tua. Kecanggihan teknologi serta begitu derasnya arus informasi menjadi ciri dunia ini telah menuju dunia serba digital. Tidak sedikit para orang tua yang telah memberikan buah hati mereka gadget sejak kecil. Berbagai alasan muncul dari pihak orang tua diantaranya anak yang lebih anteng saat memegang gadget.

Perlu di ingat, gadget atau smartphone adalah alat komunikasi berbasis internet yang dapat diakses kapan saja dimana saja dan apa saja. Hal paling buruk adalah saat anak melihat adegan kekerasan seperti dalam game atau adegan tertentu yang belum pantas untuk dilihat oleh anak seusianya. Untuk membekali orang tua dalam mengawasi gadget anak, berikut ini adalah aplikasi parental control:

  • Kids Place

Kids Place adalah aplikasi yang dapat membatasi akses anak kepada aplikasi atau fitur fitur tertentu. Seperti yang tertulis di dalam deskripsi aplikasi Kids Place pada playstore yang mana aplikasi ini dapat mencegah anak mengunduh aplikasi baru, melakukan panggilan dan sebagainya. Menurut review pengguna, aplikasi ini sangat membantu orang tua dalam mengawasi balita mereka saat bermain gadget

  • Kids Lock

Aplikasi Kids Lock didesain khusus untuk membatasi anak dalam mengakses aplikasi tertentu. keistimewaan aplikasi ini terletak dari fitur lock screen yang mana pada aplikasi tertentu tidak bisa dibuka kecuali oleh orang tua

  • Kids Mode

Dilihat dari fungsinya, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi parental control lainnya. Sisi berbeda dari Kids Mode adalah orang tua dapat mengatur secara rutin web atau situs situs apa yang tidak bisa dilihat oleh anak. Alamat situs situs tersebut dapat diperbaharui oleh orang tua melalui email.

Aplikasi aplikasi diatas pada dasarnya hanya bersifat membantu. Secara keseluruhan, peran orang tua lah yang akan menentukan bagaimana gaya gadget anak serta intensitas anak dalam menggunakan gadget. Apakah sudah pada tahap kecanduan atau masih pada tahap sekedar hiburan.