5 Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan

Adam Nurwahid/ January 26, 2017/ Kesehatan/ 0 comments

datang-bulanSetiap wanita yang telah memasuki usia subur umumnya akan mengalami siklus menstruasi pada setiap bulan. Ketika haid datang, nyeri yang dirasakan  merupakan hal yang sudah biasa dialami wanita.

Nyeri yang dirasakan ketika haid disebabkan oleh dinding rahim yang berkontraksi sehingga pembulu darah berada dalam posisi terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan. Kondisi inilah yang menyebabkan munculnya rasa nyeri haid.

Di bawah ini akan saya sebutkan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri ketika haid :

1.Mengonsumsi obat pereda nyeri haid

Salah satu cara terbaik untuk mengatasa rasa nyeri ketika haid adalah dengan mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri. Saat ini mudah sekali menemukan obat pereda rasa nyeri haid di apotek-apotek. Umumnya obat-obatan tersebut mengandung analgesik untuk meredakan nyeri, serta antipiretik untuk penurun demam dengan dosis yang sesuai. Jika meminumnya sesuai aturan, obat-obatan tersebut tidak akan mengganggu kesehatan, bahkan dapat membantu menghilangkan rasa nyeri selama haid.

  1. Kunyit asam

Kunyit asam yang merupakan ramuan tradisional ternyata ampuh menghilangkan rasa nyeri yang dirasakan akibat haid. Cara membuat ramuannya cukup pun mudah dan kunyit asam bubuk mudah diperoleh dari toko jamu, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyeduhnya lalu lalu diminum.

3.Kompres hangat

Apabila rasa nyeri yang dirasakan benar-benar tidak tertahankan, sebaiknya Anda mengompres bagian perut bawah yang kram dan nyeri dengan air hangat. Kompres dilakukan dengan cara menempelkan botol atau kantong karet yang berisi air hangat di dalamnya, atau dengan menggunakan handuk yang direndam dalam air hangat. Kompres dilakukan agar peredaran darah menjadi lancar dan membuat otot-otot di sekitar perut lebih rileks. Hal ini akan meringankan rasa nyeri yang dirasakan.

4.Konsumsi makanan mengandung zat besi

Ketika masa haid tiba, biasanya seorang wanita mengalami kerentanan terhadap anemia atau kekurangan sel darah merah. Karena itulah mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi sangat dianjurkan bagi setiap wanita yang sedang mengalami haid. Contoh makanan yang banyak mengandung tinggi zat besi seperti bayam, ubi merah, daun singkong, kacang-kacangan, hati ayam, fiforlif dan masih banyak lagi. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dan minum banyak air putih juga dapat membantu tubuh agar lebih segar dan terhindar dari dehidrasi.

5.Istirahat cukup

Wanita yang haid membutuhkan waktu stirahat yang cukup, paling tidak tidur selama 7 jam di malam hari dan tidur selama 1 jam di siang hari. Hal ini sangat bermanfaat menjadikan tubuh lebih rileks dan bugar, sehingga bisa mengurangi sakit akibat menstruasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>