Anda Ingin Mencari Liburan Yang Bermanfaat? Nah Di Sinilah Tempatnya

Ayudia Inara/ November 9, 2017/ Liburan

Terdapat begitu banyak cara untuk menghabiskan wisata. Tidak sekadar kegiatan di luar ruangan, kita bisa mempertimbangkan barang agrowisata ke Pabrik yang bernama Gula Madukismo. Di Pabrik legendaris ini beralamatkan di Desa Padokan, Jalan Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, Yogyakarta.

cara mencari liburan yang bermanfaat

Untuk dapat menikmati liburan ke tempat ini, kita harus jauh-jauh hari untuk mendaftar sebagai anggota agrowisata Madukismo. Dengan barang tersebut, kita mempunyai kesempatan untuk mengunjungi peninggalan di awal wilayah industri Indonesia sejak tahun 1950-an.

Di Pabrik Gula Madukismo sudah berdiri pada tahun 1955 serta masih beroperasi sampai sekarang. Setelah sampai di wilayah pabrik, terlebih dahulu kita akan masuk ke Gedung Madu Chandya. Di Tempat itu pemandu wisata akan menerangkan proses pembuatan gula dari tebu. Seperti hak yang ada di samping produksi gula juga dapat dibuat menjadi spiritus. Tentang keduanya disampaikan melalui audio visual yang unik.

Usai mendengarkan keterangan tentang cara membuat tebu serta spiritus, anggota paket agrowisata Madukismo dibawa berjalan melalui sekitar areal pabrik naik kereta api yang sangat tua yang ditarik oleh mesin lokomotif tua. Mesinnya pun masih tipe diesel buatan Jerman. Suasana yang ada di kereta ini begitu mentang nyali kita di masa lalu dicoba dihadirkan dari penggagas tur agrowisata.

Menikmati perjalanan kereta api itu akan membawa kita ke Pabrik Gula Madukismo. Pengunjung bisa disarankan datang ke Pabrik Gula Madukismo sejak kurun waktu bulan Mei sampai September. Sebab, pengunjung dapat langsung menyaksikan kegiatan produksi gula secara langsung.

Usai mengecek proses produksi gula, kita akan menuju Pabrik Spiritus Madukismo. Kita pun bisa menyaksikan bagaimana pembuatan spiritus itu. Paket agrowisata Madukismo itu pun selesai sampai di situ.

Meskipun demikian, kita masih bisa mengunjungi lokasi destinasi wisata Jogja di sekitar sebuah Pabrik Gula Madukismo. Di antaranya yaitu Desa Wisata Kasongan.

Sumber dan referensi: Javaloka.com