Beberapa Pertimbangan Kuliah Jurusan Broadcasting

Rahsetia Islami/ April 21, 2018/ General

Dunia penyiaran baik radio maupun televisi dewasa ini menunjukan perkembangan yang cukup menggembirakan. Kita bisa lihat sendiri untuk station radio, di Indonesia ini sudah sangat banyak stasiun radio baik yang di kelola oleh swasta maupun dikelola oleh negara seperti RRI. Hampir di setiap kota di seluruh Indonesia sudah memiliki stasiun radio yang menyediakan berbagai jenis program yang bisa dinikmati oleh para pendengarnya.

Begitupun untuk stasiun TV, meskipun tidak sebanyak stasiun radio, namun keberadannya saat ini jauh lebih banyak dan lebih baik dibandingkan pada masa lalu. Fenomena tersebut bisa menjadi alasan mengapa dibentuk sebuah program studi broadcasting di beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia. Jadi, bagi anda yang ingin berkecimpung dalam bidang penyiaran baik radio maupun televisi, sebaiknya anda mengambil jurusan broadcasting ketika anda kuliah nanti. Kuliah jurusan broadcasting sangat mengasyikan karena kita tidak dituntut untuk pintar, namun yang banyak dituntut dalam dunia broadcast tersebut adalah daya kreatifitas kita.

kuliah jurusan broadcasting

kuliah jurusan broadcasting

Namun perlu anda ketahui beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk kuliah jurusan broadcasting tersebut. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Tugas dan deadline menjadi makanan sehari – hari. Tidak hanya tugas secara teori, namun juga tugas praktik yang harus anda selesaikan. Mulai dari makalah, proposal produksi, naskah, tugas membuat karya dan lainnya harus benar-benar anda nikmati setiap harinya
  2. Banyak mengorbankan materi dan immateri. Kuliah di broadcasting, tidak hanya pikiran dan tenaga saja yang anda perlukan, namun juga materi. Di broadcasting materi akan menjadi nomor 2 setelah tenaga dan pikiran. 
  3. Mengasah mental. Di Broadcasting mental kuat sangat dibutuhkan untuk menjadi profesional yang handal nantinya. Mengasah mental ini dimulai sejak anda kuliah. Anda harus kuat jika produser mencacimu karena anda telat mengumpulkan naskah, nara sumbermu tiba-tiba membatalkan janji untuk tampil di acaramu, atau anda harus menyelesaikan tahap editing hanya dalam beberapa jam sebelum di preview
  4. Belajar sistem 24 jam. Sama halnya dengan dunia kerja, begitu pula dengan kuliah broadcast, kita belajar bagaimana menjadi profesional yang bekerja 24 jam agar kedepannya kita siap menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Demikian beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk kuliah jurusan Broadcasting. Nah, bagi anda yang sudah bulat untuk kuliah broadcasting, anda bisa memilih tempat kuliah di International Design School atau IDS yaitu sebuah sekolah yang menyediakan sistem dan pola studi broadcasting yang berkualitas yang sudah banyak menghasilkan lulusan terbaiknya yang sangat handal dalam dunia broadcasting.