Bisnis Gurih Jasa Titip Beli

Aisyah Silmi/ April 28, 2017/ Bisnis

Bisnis ini sedang menjamur dikala ini.

Era media sosial dan kepemilikan telepon pintar di tengah masyarakat Indonesia membawa angin segar bagi pertumbuhan bisnis sampingan yang menarik, malah nyaris tanpa modal berarti. Namanya bisnis jasa titip beli yang ngetrend disebut personal shopper. Ini bisnis baru yang sedang berkembang seiring dengan semaraknya media sosial.

Baca juga: Cara Cerdas promosikan bisnis anda dengan Meja Pop Up

Bukan cuma ketidakhadiran lapak-lapak online saja yang sudah menjelma menjadi industri yang menarik di Indonesia dalam sebagian tahun terakhir. Eksistensi media sosial dan kepemilikan gadget juga dapat Anda manfaatkan untuk mengais untung sebagai pebelanja pribadi atau personal shopper.
Metode kerjanya, Anda cukup datang ke mall atau sentra belanja tertentu, foto barang yang akan Anda tunjukkan, lalu kirim ke akun media sosial. Itulah barang yang bisa diorder oleh follower Anda untuk anda belikan. Mereka kirim uang terhadap Anda, lalu Anda membelikan barang hal yang demikian dan kirim ke domisili pengiriman.

Bisnis jasa titip beli yang dikerjakan oleh seorang pebelanja pribadi menjanjikan untung lumayan, lho. Terpenting lagi, merintis usaha sebagai personal shopper nyaris tak memerlukan modal berarti.
“Bisnis ini jadi kesempatan usaha baru buat masyarakat untuk menambah penghasilan,” jelas Managing Director Halomoney.co.id, Jay Broekman.
Beratensi menjalaninya? Berikut ini merupakan kiat dari Halomoney apa saja yang perlu Anda observasi apabila hendak merintis bisnis jasa titip beli sebagai personal shopper:
1. Sasaran pasar
Tentukan terpenting dahulu sasaran pasar Anda untuk bisnis jasa titip beli ini. Apakah khusus untuk segmen barang buah hati-buah hati, furnitur, barang bermerek atau barang seluruh ada? Mempertimbangkan sasaran pasar akan memengaruhi sistem Anda nanti dalam menjual jasa dan merangkul pelanggan.
2. Kanal pemasaran
Bisnis jasa titip beli sejatinya cukup dirintis melewati media sosial. Tentukan terpenting dahulu media sosial apa yang menjadi etalase utama Anda. Kebanyakan para pebisnis jasa titip beli menggunakan Instagram sebagai kanal pemasaran utama dengan mengembangkan pengaplikasian hashtag atau tagar.
Pastikan Anda mempunyai akun Instagram khusus untuk berjualan. Anda dapat pula menambah Facebook FanPage dan Twitter untuk menunjang pemasaran jasa Anda.
3. Pahami sistem kerja bisnis titip beli
Bisnis jasa titip beli sebagai pebelanja pribadi sulit-sulit mudah. Anda mesti merumuskan apakah mensyaratkan si penitip untuk memberi uang muka pembelian terpenting dahulu baru membayar barang penuh atau Anda menalangi pembelian. Bersikaplah transparan perihal besar biaya jasa titip beli yang Anda kenakan untuk tiap barang.
4. Proaktif mencari event potensial
Walaupun pada intinya jasa yang Anda berikan merupakan membelikan barang yang diharapkan oleh konsumen yang titip, Anda tak perlu bersikap pasif dengan menunggu pesanan.
Anda perlu rajin menyambangi event obral barang pantas dengan segmen pasar yang Anda bidik sehingga konsumen dapat berkesempatan menerima barang dengan harga lebih murah. Contohnya, apabila segmen Anda merupakan ibu dan buah hati, rajin-rajinlah mendatangi sale besar segmen buah hati yang kerap kali berlangsung di sentra belanja.
5. Berikan layanan lebih
Agar konsumen menjadi pelanggan loyal, Anda mesti menetapkan barang yang Anda tawarkan memang berkwalitas dan worth to buy. Ini akan menghasilkan konsumen Anda percaya dan di lain kans tak ragu lagi menggunakan jasa Anda. (ren)