Cara Membuat Studio Musik Sendiri

Nuha Zahira/ January 2, 2017/ Bisnis/ 0 comments

Anda suka bermusik tapi tidak memiliki cukup dana untuk menyewa studio musik? Tidak perlu khawatir karena ada cara mudah untuk membuat studio sendiri di rumah. Hal yang terpenting adalah Anda memiliki ruangan yang cukup luas untuk menyimpan berbagai macam jenis alat musik yang dibutuhkan untuk bermain. Disamping itu, komponen utama untuk membuat studio rekaman atau musik adalah menyulap ruangan menjadi kedap suara. Karena ruangan kedap suara akan menghalangi suara apapun dari luar masuk dan mengganggu kegiatan bermusik Anda. Ruangan ini tentunya juga tidak akan membuat Anda dimarahi tetangga karena suara alat musik yang dimainkan. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

 

  1. Untuk membuat studio musik sendiri di rumah, bahan dan alat yang dibutuhkan adalah paku, glass wool, lem, bor, gipsum, karpet dan kayu reng. Selanjutnya, Anda susun kayu reng dengan pola kotak-kotak masing-masing berukuran 60X60 cm untuk kemudian dibuat menjadi kerangka dinding peredam suara. Dalam setiap rangka kayu, Anda tempelkan glass woll dengan tebal 2 sampai 3 cm.\

cara membuat studio musik sendiri

  1. Kemudian, tutup rangka kayu reng dengan papan gipsum dan buat lubang berukuran 3 mm pada bagian permukaan dinding gipsum. Lubang dibuat secara tidak beraturan. Lalu, tempelkan karpet pada semua permukaan gipsum memakai lem dan paku dan pastikan tidak ada celah yang tersisa. Lakukah langkah-langkah ini pada bagian plafon ruangan juga.

 

  1. Ruangan kedap suara, telah selesai Anda buat

 

Agar tidak merasa gerah berada di dalam ruangan yang tidak memiliki ventilasi, Anda bisa memasang kipas angin atau AC pada studio yang dibuat. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat studio musik sendiri, bisa juga menggunakan jasa pembuatan ruang kedap suara. Pasalnya sudah banyak jasa yang menyediakan harga murah untuk pemasangan bahan peredam suara ruangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>