Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dan Telurnya

Aisyah Nuha/ July 22, 2017/ Kesehatan

Rambut gatal jadi hal sepele bagi banyak orang, biasanya hanya ada tiga penyebab kenapa rambut gatal. Pertama karena ketombe, kedua karena rambut anda kotor, dan terakhir adalah karena kutu rambut.

Untuk penyebab pertama dan kedua, rambut kotor bisa diatasi dengan mencuci rambut. Dan selama anda bisa menjaga rambut tetap bersih dan terhindar dari ketombe. Namun untuk penyebab terakhir yaitu kutu rambut, anda mungkin akan sedikit kesulitan dalam menghilangkannya. Kutu rambut sendiri bisa muncul karena beragam alasan seperti rambut kotor atau tertular dari orang lain. Yang membuatnya sulit dibasmi adalah telurnya yang banyak dan sulit hilang, sehingga meski kutu sudah hilang maka tidak butuh waktu lama, kutu akan kembali lagi.

Cara menghilangkan kutu rambut sebenarnya cukup mudah, namun anda perlu membersihkannya sampai ke telur-telurnya. Tidak mudah memang, tapi masih bisa dihilangkan kok! Dan berikut ini Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dan Telurnya!

  • Langkah pertama untuk membersihkan kutu adalah anda bisa menggunakan cara tradisional yaitu, menyisir bagian demi bagian rambut untuk menemukan kutu dan telurnya. Meski repot, cara ini lebih efektif dalam membersihkan rambut. Namun tentu saja, agar kutu semakin cepat hilang, anda juga harus sering-sering membersihkannya.
  • Jika anda tidak punya waktu untuk membersihkan kutu secara manual, anda bisa menggunakan obat pembasmi kutu dengan merek peditoks. Obat kutu ini bisa anda temukan di apotik. Caranya cukup bersihkan rambut dengan cara keramas, kemudian setelah kering tuangkan peditoks ke rambut dan kulit kepala. Bungkus rambut dan diamkan selama beberapa jam. Kemudian cuci kembali hingga rambut kembali bersih.
  • Sisir serit ini adalah sisir begigi rapat yang digunakan untuk membasmi kutu rambut. Namun cara ini tidak disarankan karena telur kutu yang berukuran kecil tidak bisa terambil oleh sisir serit.

Salah satu penyebab kutu rambut sulit dihilangkan adalah telurnya yang berjumlah sangat banyak. Untuk itu, selain kutu rambut, pastikan anda juga membersihkan telurnya agar kutu tidak kembali lagi!