Jenis Resiko Saat Melakukan Haji dan Umrah Chubb Syariah

Rahsetia Islami/ February 8, 2018/ Bisnis

Haji dan umroh merupakan salah satu rangkaian ibadah yang dijalankan bagi umat Islam yang mampu untuk melaksanakannya. Untuk masyarakat indonesia sendiri, perjalanan yang harus ditempuh untuk melaksanakan haji dan umroh itu cukup jauh. Bayangkan saja perjalanan antara indonesia dan arab Saudi. Jika ditempuh dengan perjalanan udara bisa sampai Sembilan jam kurang lebihnya. Maka dari itu pelaksanaan haji dan umroh di indonesia sendiri selalu dilakukan dengan cara berkelompok.

Selain untuk memudahkan masyarakat awam dalam pemberangkatan ke luar negeri juga untuk memudahkan pemerintah dalam pendataan warganya yang melakukan perjalanan ke luar negeri untuk waktu yang lama. Apalagi perjalanan haji dan umroh ini merupakan ibadah yang berisiko sangat tinggi. oleh karena itulah dibentuk kelompok pemberangkatan haji dan umroh yang masing masing dipimpin oleh tokoh agama dan agen travel. Namun mengingat tingginya risiko dalam melaksanakan ibadah ini maka diperlukan juga  perusahaan asuransi yang menjadi asuransi haji dan umrah, adapun beberapa risiko yang bisa saja dihadapi saat melaksanakan ibadah haji dan umroh di antaranya adalah :

asuransi haji dan umrah

asuransi haji dan umrah

  • Sakit

Yang paling banyak dikeluhkan dan dialami oleh para Jemaah haji dan umroh biasanya adalah sakit, hal ini karena adanya perubahan lingkungan bahkan perubahan cuaca ekstrim antara indonesia dan juga arab Saudi yang harus dihadapi oleh para Jemaah haji dan umroh. Sehingga tidak sedikit Jemaah yang harus menderita sakit. Meskipun sudah melalui tahapan cek kesehatan di indonesia sebelum pemberangkatan, namun bisa saja penyakit itu datang secara tiba tiba akibat kelelahan atau bahkan akibat virus yang didapatkan selama berada di arab Saudi. Dan ketika dilanda sakit tentunya ada biaya pengobatan yang harus ditanggung, jika sudah terdaftar asuransi maka akan ditanggung oleh pihak asuransi.

  • Meninggal dunia

Tidak sedikit Jemaah haji asal indonesia yang harus meregang nyawa saat melaksanakan ibadah haji dan umeroh. Hal ini bisa dikarenakan usia yang telah lanjut atau juga karena faktor penyakit, dengan asuransi maka segala urusan jenazah akan ditanggung pihak asuransi.

Itulah beberapa risiko yang mungkin dialami saat melaksanakan ibadah haji dan umroh, maka dari itu diperlukan asuransi haji dan umroh.