Keindahan Yang Tidak Bisa Anda Lewatkan Di Kaliurang

Afifah Adawiyah/ January 6, 2017/ Liburan/ 0 comments

kaliurang-yogyakartaKarena liburan anak sekolah dan liburan akhir tahun akan segera tiba, banyak orang yang sedang mencari tempat wisata untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Jika anda sedang mencari tempat yang cocok buat anda dan keluarga berlibur, anda bisa memilih Yogyakarta. Daerah ini sangat terkenal dengan berbagai aneka ragam wisata alam ada Goa Pindul di Kabupaten Gunungkidul, ada Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, ada Waduk Sermo di Kulonprogo dan masih banyak lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Salah satunya adalah Kaliurang. Lokasi Kaliurang tepatnya berada di kaki gunung Merapi. Udara di Kaliurang sangat sejuk yang suhunya antara 20 sampai 25 derajat celcius. Kaliurang juga memiliki pemandangan yang sangat bagus yang sayang disayangkan jika anda melewatkannya. Kawasan wisata ini posisinya di bagian utara DIY, sekitar 25 km dari pusat Yogyakarta. Kaliurang tepatnya terletak di desa Hargobinangun, kec.Pakem, kab.Sleman. Kaliurang telah menjadi tempat wisata sejak abda ke 19 dimana kondisi bangsa Indonesia sedang terjajah oleh negara Belanda. Orang orang belanda telah membangun villa dan bungalow sebagai tempat istirahat.

Kaliurang memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik buat anda dan keluarga. Tempat ini menjadi lokasi wisata yang dikunjungi banyak wisatwan dari berbagai belahan dunia. Salah satu tempat wisata di Kaliurang adalah Taman Rekreasi Kaliurang. Taman ini memiliki luas 10.000 m persegi. Anda dan keluarga bisa menikmati berbagai macam fasilitas seperti kolam renang dan tempat bermain anak anak. Taman ini banyak dihiasi oleh berbagi jenis patung patung. Selain tamanKaliurang, anda juga bisa mengunjungi taman wisata Plawangan Turgo. Disini terdapat kolam renang yang sangat besar yang airnya mengalir dari mata iar bukit Lerang Plawangan. Selain taman, anda juga bisa berkunjung ke museum Vulkanik Merapi yang terletak di Jl. Boyong Hargobinangun, Kec. Pakem, Sleman.

Selain beberapa tempat wisata di Kaliurang yang disebutkan di atas, anda juga bisa mengunjungi Tlogo Putri yang terletak di area lereng selatan Merapi.Tlogo Putri berada dalam satu komplek bersama bukit Plawangan Turgo.Tlogo Putri adalah sebuah tempat dimana anda dan keluarga bisa bermain becak air. Di Tlogo Putri juga anda bisa mencoba arena flying fox. Selain Tlogo putri anda juga bisa berkunjung ke Gardu Pandang yang merupakan pos pengamatan atas Gunung Merapi. Gardu Pandang terdapat di tepi kali Boyong. Tempat ini cukup menarik, karena anda bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Merapi dan alam Kaliurang yang sangat sejuk dan begitu asri. Tempat wisata terakhir di Kaliurang adalah Goa Jepang. Goa ini merupakan goa yang dibangun di masa penjajahan tentara Jepang. Goa ini telah dijadikan tempat berlindung para tentara jepang. Goa ini mempunyai 25 pintu goa satu dengan lainnya saling terhubung. Jika kalian ingin sekali mengunjungi goa ini, anda harus menghabiskan waktu kurang lebih 45 menit untuk jalan kaki.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>