Menekan Bau Mulut dengan Minum Teh

Al-Fiyah/ March 14, 2017/ Kesehatan

Menekan Bau Mulut dengan Minum Teh

Teh dikenal sebagai minuman yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian baru berhasil mengungkapkan teh memiliki sebuah tambahan dan keuntungan lain yang tidak dibayangkan yaitu menjauhkan napas tak sedap.

minum teh

Menurut para peneliti hal ini disebabkan sebuah komponen kimia yang terdapat dalam teh yang dapat menghentikan pertumbuhan bakteri pemicu napas tak sedap. Untuk mendapatkan manfaat penuh, sebaiknya diminum tanpa susu.

Masalah napas tak sedap atau yang dikenal dengan nama halitosis disebabkan komponen sulpur kotor yang mudah menguap dari bakteri yang berkembang dalam lingkungan kurang oksigen seperti belakang lidah dan celah gusi. Teh lebih bagus jika diminum tanpa gula.

Para peneliti Amerika meneliti pengaruh polyphenol, sebuah komponen kimia yang ditemukan dalam teh, pada tiga spesies bakteri yang dihubungkan dengan napas tak sedap. Mereka menemukan konsetrasi polyphenol yang relatif rendah dapat merangsang pertumbuhan bakteri mulut.

Menurut Prof. Christine Wu dari Universitas Illinois, Chicago (united states of america USA) yang mempresentasikan penemuan penelitian ini dalam pertemuan tahunan American Society for Microbiology mengatakan rata-rata satu cangkir teh hitam memiliki kekuatan membunuh bakteri penyebab napas tak sedap meskipun diperlukan lebih bagi bakteri yang menyebabkan napas tak sedap dalam gusi.

Secangkir teh dengan kekuatan normal cukup untuk membunuh bakteri dalam lidah. Selain menghambat pertumbuhan pathogen dalam mulut, teh hitam dan polyphenolnya bermanfaat bagi kesehatan mulut manusia dengan menekan komponen penyebab napas tak sedap yang dihasilkan bakteri pathogen.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, bagi Anda yang ingin hidup sehat selain mulailah dengan minum teh hijau herbal sehat dan aman, juga perbanyak mengkomsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. beberapa yang menjadi alternatif adalah buah naga, lebih enak lagi jika langsung metik di pohon buah naga, selain lebih segar, kandungan serat dan vitaminnya tentu lebih besar dibandingkan jika beli buah yang sudah lama dan bisa saja vitamin yang terkandung di dalamnya sudah tidak sebanyak saat waktu masih segar.