Pusat Kerajinan Tangan Di Lombok Yang Patut Anda Kunjungi

Nuha Zahira/ February 18, 2017/ Liburan/ 0 comments

Pusat Kerajinan Tangan Di Lombok Yang Patut Anda Kunjungi

Desa Sukarare Lombok

Desa Sukarare Lombok

Berbicara tentang wisata Lombok, tentu tidak akan terlepas dari keindahan alamnya yang mengagumkan, terutama untuk keindahan wisata baharinya. Bahkan saat ini Lombok menjadi salah satu destinasi wisata dunia yang paling diminati. Namun, selain wisata baharinya yang menakjubkan, Lombok sejatinya adalah tempat wisata yang lengkap. Ada wisata budaya, religi, dan lain sebagainya. Tetapi yang tidak kalah penting adalah Lombok juga memiliki berbagai kerajinan yang khas.

Ada beberapa tempat yang kemudian menjadi pusat kerajinan tangan di Lombok, tentu saja tidak boleh Anda lewatkan. Terlebih lagi untuk Anda yang sedang berburu oleh-oleh khas Lombok. Di bawah ini adalah beberapa pusat kerajinan tangan dilombok yang patut Anda kunjungi.

  • Desa Banyumulek

Sebenarnya banyak Desa di Lombok yang menjadi pusat kerajinan, salah satunya adalah Desa Banyumulek. Desa ini dikenal sebagai salah satu Desa pengerajin gerabah khas Lombok. Keahlian untuk membuat gerabah yang dimiliki warga Desa Banyumulek kebanyakan diturunkan dari gemari ke generasi, tidak heran jika hampir seluruh Warga Banyumulek adalah pengrajin Gerabah yang ahli.

Jika Anda berkunjung ke Lombok, jangan lewatkan untuk mengunjungi Desa ini. Selain Anda bisa membeli gerabah dari pusa pembuatannya, di sini Anda juga bisa melihat proses pembuatan berabagai jenis Gerabah. Tentu sebuah pengalaman yang menakjubkan.

  • Desa Sukarare

Selain terkenal dengan keindahan wisata baharinya, Lombok juga memiliki berbagai macam kerajinan khas. Salah satunya adalah Kain Tenun Songket Lombok, ada sebuah Desa di Lombok yang menjadi pusat kerajinan kain Tenun ini. Desa tersebut bernama Sukarare, berada tidak jauh dari Pusat Kota Mataram, hanya berjarak sekitar 20 kilometer. Ini juga masuk dalam daftar Desa Wisata Lombok, jika Anda berkunjung ke Desa ini, Anda akan menjumpai banyak pengrajin kain tenun, karena hampir semua masyarakat Desa Sukarare adalah penenun. Seperti halnya di Desa Banyumulek, Anda juga bisa membeli sekaligus melihat proses pembuatan Kain Tenun Songket Lombok dan Kain Tenun Khas Suku Sasak lainnya.

  • Sekotong dan Kerajinan Mutiara Lombok

Kerajinan Mutiara Lombok adalah salah satu kerajinan yang bernilai sangat tinggi. Mengenai Pusat Kerajinan Mutiara Lombok, sebenarnya tersebar ke berbagai daerah di Lombok. Namun yang menjadi pusat budidaya Mutiara Lombok ada di sekitar Sekotong dan Gili. Mutiara Lombok sendiri menjadi salah satu aspek pendorong perekonomian Lombok tertinggi, selain wisata Lombok itu sendiri. Mutiara Lombok diolah menjadi berbagai kerajinan khas, kebanyakan berupa aksesoris dan perhiasan. Penjualan kerajinan Mutiara Lombok juga sudah merambah ke pasar Internasional. Mutiara Lombok memiliki kualitas yang cukup baik, bahkan Mutiara Lombok saat ini menjadi buruan para pecinta perhiasan, terutama perhiasan dari mutiara. Jika Anda ingin berburu oleh-oleh khas Lombok yang memiliki nilai cukup tinggi, Anda bisa membeli berbagai macam kerajinan Mutiara Lombok

  • Desa Loyok

Selain beberapa kerajinan di atas, masih ada beberapa kerajinan khas Lombok yang lainnya. Salah satunya adalah kerajinan anyaman bambu. Kerajinan ini sudah mulai dikenal luas, baik di kalangan lokal ataupun internasional. Salah satu daerah yang menjadi pusat kerajinan anyaman bambu adalah Desa Loyok. Seperti beberapa Desa di atas, hampir semua masyarakat di Desa ini adalah pengrajin anyaman bambu, dan keahlian yang mereka dapatkan adalah hasil dari leluhur mereka.

Demikian adalah sedikit ulasan mengenai beberapa pusat kerajinan tangan di lombok yang patut Anda kunjungi, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>