Tips Memulai Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan

Rahsetia Islami/ December 15, 2017/ Bisnis

Tips Memulai Usaha Kecil Menengah yang MenguntungkanUKM atau Usaha Kecil dan Menengah merupakan salah satu konsep usaha yang sudah ada sejak lama. Sampai saat ini UKM itu sendiri masih merupakan salah satu jenis bisnis yang menguntungkan bagi setiap orang terutama bagi mereka yang tidak memiliki besar untuk mengembangkan usaha dengan modal besar. Ada tips memulai bisnis dengan modal kecil atau UKM ini yang perlu anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum terjun. Berikut ini akan saya jelaskan beberapa tips yang perlu anda ketahui dalam memulai usaha tersebut.

1 .Tentukan Model Bisnis

UKM merupakan suatu usaha yang bisa anda pilih dengan  modal yang tidak terlalu besar baik untuk kategori jenis usaha fisik ataupun non fisik (jasa). Anda bisa menentukannya sendiri sesuai dengan keinginan dan kemampuan masing – masing dalam menggeluti suatu usaha berbentuk UKM. Jenis fisik maupun non fisik anda bisa menentukannya sendiri entah itu jenis bisnis konveksi, produk makanan ringan, bisnis kerudung, dan berbagai macam jenis lainnya. Beberapa jenis bisnis jasa pun bisa anda jadikan sebagai pertimbangan seperti bisnis jasa pencucian kendaraan, bimbingan belajar dan lain sebagainya.

2 .Pemasaran dan Promosi

Setelah usaha anda tentukan dan anda siap untuk menjalankannya maka langkah selanjutnya ialah melakukan pemasaran dan juga promosi yang mana kedua poin tersebut adalah sebuah poin yang perlu diperhatikan oleh setiap orang yang saat ini sedang membutuhkan referensi bisnis UKM. Pemasaran bisa anda lakukan melalui dua jalur yaitu online dan juga konvensional. Anda bahkan bisa menggunakan kedua jalur tersebut secara bersamaan. Untuk promosi anda bisa menggunakan cara promosi sendiri melalui internet atau bisa juga dengan menggunakan jasa digital advertising.

3 . Tips Dalam Menjalankan UKM

Tips memulai bisnis UKM terakhir ialah memperhatikan kualitas produk dan juga kualitas pelayanan yang anda tawarkan pada konsumen. Kualitas pelayanan dan juga produk merupakan hal yang sangat penting untuk anda jadikan sebagai pertimbangan yang tepat. Setelah itu barulah anda menjalankannya karena dengan pelayanan dan produk yang berkualitas konsumen akan nyaman belanja di tempat yang anda miliki .