Tips Menjaga Kinerja Komputer Kecepatannya Maksimal

Rahsetia Islami/ December 11, 2017/ Teknologi

Tips Menjaga Kinerja Komputer

Memiliki komputer saat ini sudah bukan keinginan yang mewah lagi, mengingat komputer sudah tidak termasuk dalam kategori sebagai barang mewah lagi. Hampir sebagian besar masyarakat di dunia termasuk di Indonesia sudah memiliki perangkat ini, baik komputer desktop atau laptop. Namun apakah anda sudah mengetahui tentang bagaimana cara atau Tips Menjaga Kinerja Komputer agar tetap memiliki kecepatan yang maksimal ? Untuk hal yang ini, banyak diantara kita yang kurang atau bahkan tidak mengetahui sama sekali tentang bagaimana sebenarnya menjaga kinerja komputer agar kecepatannya tidak berkurang.

Komputer yang sudah lama digunakan biasanya kecepatannya berkurang atau menjadi lemot. Hal ini terjadi karena dalam penggunaannya anda tidak dibarengi dengan cara merawatnya sehingga komputer anda mengalami penurunan dalam hal kecepatan prosesnya. Nah, agar kecepatan proses dari komputer anda tersebut selalu stabil setiap saat, maka anda harus mengetahui tentang cara atau tips menjaga kinerja komputer tersebut sehingga komputer anda akan selalu siap digunakan kapan saja dan dimana saja.

Anda bisa melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan cara atau Tips Menjaga Kinerja Komputer berikut ini agar kondisi komputer anda selalu siap ketika akan digunakan. Adapun cara atau tips – tips tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Matikan program yang tidak penting. Lakukan pengecekan ulang terhadap software yang ingin dimatikan supaya tidak mengalami hang
  2. Nonaktifkan gadget atau wallpaper berjalan. Apabila kalian merasa sudah mematikan semua gadget tidak penting yang berjalan di desktop namun masih begitu terasa lemot, cara terakhir satu-satunya adalah dengan menambahkan spesifikasi yang dibekali oleh komputer atau laptop.
  3. Gunakan anti virus. Antivirus memiliki peranan penting, pasalnya dengan menggunakan bantuan antivirus kalian dapat dengan mudah menghilangkan virus bahkan bug pada komputer atau laptop. 
  4. Lakukan disk clean up. Fungsi utama dari utility disk clean up pada windows yaitu untuk membuang semua aplikasi atau file sampah yang sudah tidak diperlukan pada komputer, cara ini sudah cukup terbukti akan kepastianya. Lakukan Disk Clean Up minimal seminggu sekali supaya file sampah tidak menumpuk.
  5. Tips Menjaga Kinerja Komputer  selanjutnya adalah defrag harddisk secara berkala. Salah satu tips pintar dalam menambah akselerasi performa mesin sebuah komputer atau laptop yaitu dengan melakukan defrag harrdisk, menggunakan software ini kalian dapat secara mudah membersihkan ruang kosong serta menyetabilkan harddisk apabila ada file yang mengalami error dan bug.