Tips Sederhana Memilih Manggis Yang Berkualitas

Afifah Adawiyah/ June 28, 2017/ Kesehatan, Wanita

Walaupun yang Anda konsumsi adalah bagian kulitnya, tetapi Anda harus jeli dalam memilih buah manggis yang enak serta berkualitas.

Hal ini dilakukan agar kulit manggis yang Anda konsumsi tidak berasa terlalu pahit serta Anda juga dapat menikmati daging buahnya dengan rasa yang nikmat. Lalu bagaimana caranya? Berikut cara memilih manggis yang enak serta berkualitas:

1. Warna
Buah manggis yang enak serta sudah matang sempurna akan berwarna ungu tua kecoklatan. Jangan memilih buah manggis yang masih berwarna hijau karena buah tersebut belum matang serta hindari membeli buah manggis yang sudah berubah warna menjadi hitam karena menandakan bahwa buah tersebut sudah kelewat matang serta mulai membusuk.
2. Tangkai
ketika memilih buah manggis, perhatikan juga tangkainya. Tangkai buah manggis yang masih segar berwarna hijau serta tidak layu, dan memiliki kelopak daun yang menempel pada buah manggis dalam keadaan utuh.
Tangkai yang berwarna kecoklatan memberikan tanda bahwa buah manggis tersebut sudah tidak dalam kondisi segar sehingga rasanya pun akan lebih pahit.
3. Tekstur
ketika Anda memilih buah manggis, maka tekanlah buah tersebut dengan lembut. Apabila teksturnya empuk berarti buah tersebut sudah matang, tetapi jika teksturnya masih keras berarti buah manggis tersebut belum matang.
Selain itu, jangan pula memilih buah manggis dengan tekstur yang terlalu empuk atau lembek karena menandakan buah manggis tersebut sudah mulai busuk.
4. Getah
jangan memilih buah manggis dengan getah berwarna kuning di kulitnya. Hal ini memberikan tanda bahwa bagian dalam buah manggis pun akan mengandung banyak getah yang terasa pahit.

Tips lain yang tidak boleh Anda lewatkan:
• Anda bisa menyimpan jus kulit manggis ke dalam kulkas asalkan dalam keadaan tertutup rapat. Anda bisa memasukkannya ke dalam botol untuk mencegah jus kulit manggis berubah warna karena proses oksidasi.
• Anda bisa melompati langkah merebus kulit manggis jika Anda memang menyukai rasa yang sedikit pahit. Hal ini tidak akan merubah kandungan nutrisi dari jus kulit manggis tersebut.
• Minum olahan kulit manggis sesudah makan dan jangan dalam keadaan perut kosong. Hal ini dikarenakan sifat asam pada kulit manggis bisa memicu kenaikan asam lambung.
• Konsumsi kulit manggis 1 kali sehari secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang semakin sehat serta bugar.

Setelah anda mengetahui manfaat dari kulit manggis, semoga anda tidak lagi menyia-nyiakan kulit manggis yang ternyata memiliki banyak manfaat yang tak terduga. Faroka sarankan untuk anda selalu memanfaatkan kulit manggis demi kesehatan tubuh anda sekarang juga. Semoga bermanfaat.