Ini 10 Jenis Usaha Modal Ringan yang Cocok Untuk Pemula

Aisyah Alifah/ May 3, 2017/ Bisnis

usaha modal ringan

Mungkin Anda sedang mencari peluang usaha saat ini, tapi masih bingung mau usaha apa. Ditambah lagi modal saat ini masih pas-pasan. Apa hal tersebut membuat Anda berhenti mencari peluang bisnis?

Mudah-mudahan ngga ya

Orang yang serius mau membangun bisnis pasti tidak terpaku oleh hambatan yang ada. Karena sebenarnya syarat utama menjadi seorang pengusaha adalah kemauan dan tekad yang kuat. Tanpa kedua hal tersebut bisnis apapun tidak akan bisa sukses.

Kebanyakan orang sangat terpaku pada modal ketika mereka ingin memulai usaha. Beberapa dari mereka justru akhirnya memilih mundur karena kurangnya modal uang saat ingin memulai usaha. Pola pikir yang seperti ini jangan sampai ada di dalam seorang calon pebisnis karena akan sangat mempengaruhi kinerja.

Sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha modal kecil yang bisa dikerjakan. Jangan terlalu terpaku pada peluang bisnis yang menjanjikan untung besar, tapi pilihlah peluang usaha yang sesuai dengan minat dan kemampuan modal Anda saat ini.

10 Usaha Dengan Modal Kecil dan Menguntungkan

Kalau membangun usaha tentunya harus yang menguntungkan. Di awal memulai bisnis tidak perlu berharap untung yang terlalu besar, tapi proses menjalankan bisnis yang lancar. Berikut ini beberapa usaha modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Menjalankan Bisnis Pulsa

Untuk memulai bisnis pulsa modalnya sangat minim lho. Bahkan bila kita hanya mau berjualan pulsa elektrik modalnya cuma sekitar RP 300ribu saja. Namun, bila Anda ingin menjalankan bisnis dengan membuka konter maka modalnya akan lebih besar.

Walaupun bisnis pulsa sudah cukup jamak di Indonesia, ternyata peluang ini masih cukup terbuka. Pengguna smartphone yang semakin meningkat dan penggunaan pulsa yang terus meningkat membuat peluang bisnis pulsa menjadi sangat menarik untuk dijalankan.

2. Peluang Bisnis Kuliner yang Gurih

Makanan dan minuman adalah kebutuhan primer bagi manusia. Inilah salah satu alasan mengapa bisnis makanan/ kuliner menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Tapi jangan asal memilih bisnis kuliner ya

Tidak semua bisnis kuliner bisa sukses, apalagi kalau Anda tidak paham mengani kuliner dan target marketnya. Sebelum memulai usaha kuliner ini, ada baiknya perhatikan makanan yang disukai di daerah Anda.

Perhitungkan juga modal yang dibutuhkan. Bila ingin membuka warung makan maka modalnya tentu akan lebih mahal ketimbang bila membuka usaha makanan ringan.

Lokasi membuka bisnis kuliner juga sangat berpengaruh lho. Usahakan untuk mendapatkan lokasi yang cukup ramai atau sering dilalui oleh orang.

3. Menjalankan Bisnis Laundry

Bisnis laundry banyak dijalankan masyarakat urban, apalagi mereka yang dekat dengan area kampus, perkantoran, kos-kosan, dan perumahan. Bisnis ini sangat laris lho karena saat ini ada banyak orang yang memilih jasa laundry untuk mencuci pakaian mereka.

Bila bisnis ini dijalankan di sekitar kos-kosan dan kampus, maka kemungkinan besar omsetnya akan lebih besar. Modalnya memang cenderung agak lebih besar karena harus punya mesin cuci dan alat setrika. Namun, modal tersebut akan cepat balik modal bila sudah punya pelanggan tetap.

Sebagai gambaran, saya membuka bisnis jasa laundry dengan modal sekitar Rp 10juta. Bisnis ini berjalan dengan baik dan sudah punya pelanggan tetap.

 4. Melirik Bisnis Dropship

Bisnis dropship ini bisa dibilang bisnis yang hampir tanpa modal. Kita hanya perlu fokus melakukan pemasaran, untuk pengadaan barang, packing, dan pengiriman barang, dilakukan oleh supplier. Dan enaknya lagi di packing disebutkan bahwa kita lah yang mengirimkan, bukan supplier.

Bisnis dropship berbeda dengan sistem reseller. Kalau reseller, kita harus membeli produknya dulu lalu kita jual dengan mengambil keuntungan dari selisih harga. Di bisnis dropship kita tidak perlu membeli dulu, cukup mempromosikan produk dan berkomunikasi dengan pembeli.

Cara kerja bisnis dropship sangat sederhana. Kita mempromosikan sebuah produk melalui media sosial, misalnya Facebook, BBM, WA, dan Instagra,. Bila ada pesanan dari pembeli, maka biaya pembelian barang dan ongkos kirim akan ditransfer ke rekening Anda. Setelah itu, Anda memesan produk tersebut ke supplier dan mentransfer uang untuk pembelian dan ongkos kirim. Selanjutnya, supplier akan mempacking barang tersebut dan mengirimkannya ke alaman si pembeli.

Di awal memulai bisnis dropship memang harus membangun rasa percaya dari para calon pembeli. Maraknya penipuan online membuat sebagian besar orang tidak suka belanja online. Tapi bila dijalankan dengan serius dan menjaga rasa percaya konsumen, pada saatnya nanti akan ada banyak calon pembeli yang langsung percaya pada bisnis Anda.

5. Bisnis Online yang Menggiurkan

Bisnis online adalah bisnis yang menggiurkan karena di internet ada banyak sekali peluang yang bisa dijadikan uang. Bukan hanya ecommerce tapi ada banyak sekali jenis bisnis online yang menguntungkan.

Beberapa jenis bisnis online yang banyak dijalankan orang adalah:

  1. Jual beli online (produk digital/ fisik, jual jasa)
  2. Menjadi publisher
  3. Bisnis MLM online
  4. Bisnis trading online
  5. Promosi bisnis offline via online
  6. Dan lain-lain

Bila dijelaskan satu persatu maka list bisnis online ini akan sangat panjang. Namun, yang paling sering dijalankan orang awam dan pemula adalah jualan online.

Ada banyak pemula yang berhasil menjual produk mereka atau produk orang lain melalui internet. Misalnya berjualan buku, berjualan pakaian, berjualan asesoris, berjualan jasa menulis, berjualan jasa membuat website/ blog, dan lain-lain.

Dan keuntungan dan bisnis online ini cukup besar bila dijalankan dengan serius. Modal untuk memulai bisnis online ini pun terhitung sangat kecil, bahkan ada bisnis online yang bisa dijalankan nyaris tanpa modal uang.

 

Usaha Modal Kecil Tapi Harus Kerja keras

Semua bisnis pasti harus dijalankan dengan serius dan kerja keras agar bisa berhasil. Walaupun ada banyak peluang usaha modal ringan tapi bila kita kurang serius menjalankannya maka hasilnya tidak akan memuaskan. Bila Anda sudah punya gambaran mau berbisnis apa, maka sekaranglah saatnya Take Action dan bekerja keras.

Percayalah bahwa kerja keras Anda tidak akan sia-sia.