Cara Menggunakan Washlap Bayi Dengan Benar

Fathiyya turahma/ July 6, 2017/ General

Sebagai orang tua yang baik, anda pun ingin menyaksikan tumbuh kembang si kecil berjalan dengan baik bukan?. Melihat mereka merangkak, berjalan, hingga mengucapkan kata yang paling sederhana yakni menyebut anda dengan panggilan mama. Memang menyenangkan, terlebih mengingat kehadiran mereka sebagai anugerah terindah di tengah-tengah keluarga kecil anda.

Washlap Bayi

image source : Baby Luna Id

Namun bukan berarti Anda lepas tanggung jawab untuk memenuhi semua kebutuhan mereka, tidak terkecuali dengan perlengkapan keseharian mereka. Mulai dari baby box, pakaian, hingga peralatan mandi bayi dan kebersihan seperti washlap.

Washlap bayi sendiri selama ini dikenal sebagai keperluan yang mutlak dimiliki oleh bayi baru lahir. Washlap sangat berguna untuk membersihkan kulit bayi dari kotoran yang menempel. Maka dari itu, Anda pun harus selektif dan rutin menjaga kebersihan washlap agar kesehatan si kecil tetap dalam kondisi yang aman.

Sayangnya, belum banyak ibu di luar sana yang memahami dengan betul bagaimana cara mengaplikasikan washlap bayi dengan benar. mereka cenderung menggunakan washlap sesuai dengan pengetahuan mereka saja. Padahal jika tidak hati-hati akan berakibat fatal bagi kulit bayi.

Langkah yang mesti Anda lakukan pertama kali adalah memilih washlap yang terbuat dari material pilihan, yakni dari kain yang khusus untuk bayi. Beberapa merk washlap memang sengaja didesain menarik dan inilah yang membuat ibu mudah terkecoh.

Padahal yang perlu diperhatikan adalah jenis kain yang digunakan. Jika kain yang menjadi materialnya kasar, maka Anda perlu mengurungkan niat. Kain yang tidak halus berpotensi melukai kulit si kecil.

Washlap bayi yang disarankan ialah yang lembut. Tapi Anda tidak bisa langsung memakainya. Setelah membeli, cucilah washlap dengan air hangat. Jemur hingga kering dan pastikan bahan atau kotoran dari pabriknya hilang. Baru Anda bisa menggunakannya untuk mengelap tubuh si keci.

Basahi washlap dengan air panas dan peras perlahan, tanpa terlalu kering atau basah. Setelah selesai digunakan, Anda bisa mencucinya dengan sabun yang diperuntukkan untuk washlap bayi. Untuk menghindari berkembangnya bakteri, Anda perlu menggantinya 2-3 bulan sekali. Lebih dari itu, kuman serta patogen jahaT bisa saja datang dan mengakibatkan penyakit pada kulit.

Semoga bermanfaat.